~fOllOw mE, i'll fOllOw U~

Thursday, December 24, 2015

Lemuria-Therion, History and Me

Assalamualaikum ols.

oke, malam ni aku very the gigih google about kota kuno yang lost di dunia.
i feel like zaman study je gigih google here and there cari maklumat. lol.
nampak sangat dedulu cari references kat gugel sajo. haha. malas pegi library noks.
omagaddd.. i was like suka gilaaa baca pasal semua tu.
mata bersinar-sinar baca sejarah yang aku tak fully tahu pun before this.
btw, bila baca web-web tu semua.. automatically ingat subjek history form 4.
i memang suka gilaaa sejarah form 4. banyak pasal eropah tu semua kan.

oke, back to the topic tadi pasal kota kuno segala bagai tu.
ini semua sebab abang aku lah.
tadi dia introduce seketul lagu untuk aku dengar, that is Lemuria by Therion.
weiii serius best gilaaa lagu ni der.
ala-ala mysterious gitu nyah! aku memang suka genre cani.
clip video dia lagi best gila babas. siap ada mermaid segala.
aku sukaa tengok lemuria yang sangat magical pada pandangan mata biru aku ni.
saya suka! saya suka! (baca dengan nada mei mei dalam cite upin ipin. hoks.)
dah patpuluhlapanjuta kali aku replay lagu ni from tadi.
mendidih taik telinga aku. heh.
lagu ni dah berkurun lamaaaa dah kot and i sangat noob baru tahu pasal lagu ni.
abang aku laaa tanak share awal-awal.
sedih sikit kat situ. hohok.

Mu atau Lemuria adalah salah satu kota hilang paling dikenal di dunia
So, here is the Lemuria. Imagination by an artist. 
Very magical and ala-ala fairytale kan. me loike!

so, when i listen to tis song.. not just listen but selami lyrics dia deep down to the ocean. hahak.
terusss aku jadi sangat curious to know lil bit more bout lemuria.
then, i google it. :)
dah relate dengan kota sodom, atlantis and bla bla pulak kheeen.
best weiihh.
terus aku rasa nak tukar kerjaya jadi archaeologist or ahli sejarah untuk kaji those things.
haha sangat tak boleh blah.
now aku ada impian baru iaitu one fine day, aku nak pegi semua tempat-tempat bersejarah tu.
yang still wujud laaa like Machu Picchu in Peru.
senget laaa aku dah teringat pikachu bila mention machu picchu ni. luls.

iols nak share kota-kota kuno yang ohsem iteww.
ke aku je rasa ohsem ngan semua tu and sangat excited nak share apa aku baca. haha.
ni some of article yang i google la.
this one simple and senang nak dihadam.
but thennnnn, dalam bahasa indonesia ler pulak kheen.
halahhh, bisa aja bukkkk dibacain. bisa ular. hehe.
there you go!

Misteri 10 Kota Kuno yang Hilang

Dalam sejarah peradaban manusia, ada banyak sekali kota-kota kuno yang hilang secara misterius. Berbagai kota atau peradaban manusia itu sering kali dimunculkan dalam berbagai media.  Berikut ini adalah sepuluh kota kuno paling terkenal yang menghilang secara misterius dari peradaban dunia yang pernah diketahui dunia: (apak ah, dah ghupe indon bila baca ni. lantakkan. haha)

1. Babilon Kuno

Taman Gantung dari kota hilang Babilon peradaban BabiloniaMisteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Babilon, ibukota dari peradaban Babylonia, kerajaan kuno ternama Mesopotamia, namanya dikenal karena pemerintahan Raja Nebuchadnezzar. Yang menyebabkan Babilon dikenal dunia dan pantas masuk dalam daftar kota hilang ini adalah 'harta misterius' di dalamnya, yaitu Hanging Gardens (Taman Gantung).

Diceritakan pada suatu hari istri dari Raja Nebuchadnezzar II kangen akan pemandangan pegunungan rumahnya. Raja Nebuchadnezzar II kemudian membuat sebuah taman luar biasa indah yang memiliki banyak tingkat dan itu semua dibuat di kedalaman gurun pasir. Walaupun banyak penulis kuno yang mengatakan Taman Gantung itu memang ada, namun bukti nyata yang mengatakan hal tersebut sama sekali tidak dapat ditemukan. Apalagi melihat sekarang yang tersisa dari Babilon hanyalah puing dan reruntuhan peradaban Babilonia.
(this one, masa belajo sejarah form 4 ade pasal ni! cikgu ismail ajar iols dulu. hehek)

2. Angkor

Angkor wat dan peradabannya hilang begitu saja dari sejarah manusia

Angkor adalah sebuah kota besar di Kambodia yang juga adalah tempat berdiamnya kuil keagamaan terbesar di dunia, yakni Angkor Wat. Berada di antara abad ke-9 hingga ke-15, Angkor adalah pusat kekuatan kerajaan Khmer (Kambodia).

Misteriusnya, kota ini bukan menjadi kota atau peradaban hilang karena bencana ataupun penjajahan, tapi hanyakarena ditinggalkan begitu saja oleh masyarakatnya, membuat kota dan ribuan kuilnya 'mati' di kedalaman hutan. Selama sekitar 300 tahun, kota ini adalah kota hilang hingga akhrnya ditemukan di abad ke-18. Sebagai gambaran, kota ini dapat disebut sebagai kota terbesar di dunia dalam zaman pre-industri. Rumor mengatakan bahwa tempat ini ditinggalkan karena ledakan populasi dan kurangnya dukungan infrastruktur.
(kemonlaa this one pun kita penah belajo kat sekolah dulu kan. haha berlagak sebab tahu. daim it.)

3. Troy

Troy adalah salah satu kota hilang paling terkenal di duniaMisteri, Sepuluh,  Kota, Kuno, Yang, Hilang

Troy merupakan kota legenda yang merupakan pusat dari berbagai sejarah modern seperti tempat kediaman Pahlawan Yunani Achilles dan kota dimana terjadinya Perang Kuda Trojan (Trojan Horse). Nama Troy sendiri dikenal melalui Syair Homer dalam sebuah sajak paling terkenal saat itu yakni lliad.

Keberadaan Troy sebagai kota peradaban kuno yang hilang ini sering dikaitkan serupa dengan Atlantis. Hingga akhirnya di tahun 1871 tembok Troy ditemukan secara tidak sengaja. Ada alasan mengapa Troy sering dikenal sebagai kota yang temboknya tidak dapat dikalahkan, Itu karena Troy sendiri dibangun diatas reruntuhan kota lainnya yang telah dihancurkan berkali-kali dan membuat tembok tersebut menjadi sangat kuat.

Sekarang hanya reruntuhan kota yang tersisa dari kota legendaris ini, Namun nama Achilles dan Kuda Trojan tetap dikenal dunia.
(sabun Trojan korang tau tak? aku terus ingat sabun basuh Trojan bila baca kuda Trojan tu.)

4. Petra

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Inilah salah satu dari 10 Tempat di Dunia Yang Wajib Dilihat dan dapat disebut sebagai salah satu kota paling menakjubkan yang pernah ada di dunia (tempat syutingnya film Transformer: Revenge of the Fallen). Terletak di bagian selatan Jordan dekat Laut Mati adalah Petra, kota yang ditinggalkan karena gempa bumi yang merusak infrastruktur sistem perairan di kota tersebut.

Nama Petra sendiri adalah nama dari kota hilang hingga akhirnya dibesarkan kembali oleh seorang penjelajah, Ludwig Burckhardt, di abad ke-18. Sejak saat itulah kota yang berada di pertengahan gurun pasir ini menarik ribuan turis dari berbagai belahan dunia. Walaupun sekarang ini mungkin memang bukan 100% "kota hilang" namun Petra tetap layak masuk dalam berbagai daftar kota hilang paling ternama dunia.
(oke, ni antara tempat yang iols bercita-cita nak pegi. boleh fefeeling shoot film Transformer.)

5. Mu atau Lemuria

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Mu atau Lemuria adalah sebuah dataran yang hilang dari permukaan bumi. Dikisahkan bahwa Mu adalah sebuah pulau dengan nuansa "Taman Eden" dan merupakan surga tropis di Pasifik hingga akhirnya tenggelam dan lenyap dari peradaban manusia.

Awal mula keberadaan mu diketahui dari Arkeologis Augustus Le Plogeon. Ia mengatakan bahwa orang-orang Mu-lah yang sebenarnya menciptakan peradaban dan kota besar seperti Mesir atau Mesoamerica
(i was amazed with this one.)

6. Sodom dan Gomora

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Kisah Sodom dan Gomora adalah salah satu kisah paling dikenal dunia agama. Dikisahkan Sodom dan Gomora ada adalah sebuah kota penuh dengan orang-orang yang sangat berdosa, oleh karena itu Tuhan kemudian menghukum mereka dengan memunculkan hujan api yang menghilangkan kota ini dari peradaban manusia. Kini nama Sodom dan Gomora dikaitkan dengan beberapa sifat jahat dan dosa di dunia, dan berbagai penulis literatur yang menggambarkan kota ini sebagai kota raksasa modern dengan penduduknya yang tidak bermoral.

Walaupun hingga sekarang tidak ada bukti nyata atas keberadaan kota hilang ini, sebuah teori mengatakan bahwa pada kenyataannya Sodom dan Gomora adalah kota kuno Kanaan, yang mengalami bencana meteor pada tahun 3123 Sebelum Masehi. Meteor tersebut menyebabkan panas luar biasa yang dapat menyebabkan kayu, kain, rambut, hingga kulit terbakar dan membuat kota itu menjadi sebuah kobaran api raksasa. Mereka yang hidup di zaman itu tentu belum mengenal yang namanya Meteor dan memperkirakan bahwa Tuhan-lah yang menghancurkan kota itu sebagai akibat amarahnya. Walaupun tidak ada bukti nyata atas teori ini namun cukup masuk akal.
(kalau based on islamic punya view.. Sodom ni masa zaman Nabi Luth. Kisah Allah hancurkan umat Nabi Luth tu.)

7. Machu Piccu  

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Machu Picchu "Gunung Tua" sering juga disebut "Kota Inca yang hilang" adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 meter di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco.

Merupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing.
(Haaa.. ni la Machu Pacchu Pikachu yang i nak pegi tuu. hehek)

8. Pompeii dan Herculaneum

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Pada tahun 79 Masehi, gunung berapi Vesusius di Naples, Itali, meletus dan menyebabkan waktu berhenti untuk sebuah kota Roma. Tertimbun 60 kaki di kedalaman abu dan bebatuan, tidak lain dan tidak bukan adalah Pompeii dan Herculaneum, sebuah kota yang walaupun ada di tahun 79 Masehi, memiliki peradaban seperti kota modern sekarang ini dan merupakan tempat hiburan masyarakat Roma kelas atas.

Selama 1.700 tahun, kota ini benar-benar adalah kota hilang yang peradabannya terlupakan dari sejarah manusia. Akhirnya di tahun 1748, ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pekerja kerajaan. Hingga sekarang kota ini tetap merupakan adalah tempat berkumpulnya para arkeologis dan turis dari berbagai belahan dunia. Tidak hanya itu saja, sisa-sisa mereka yang mengalami bencana mengerikan ini masih dapat dilihat di kota ini, yakni Naples, Campania, Itali.
(Iols impikan untuk jejak ke sini jugekkkk.. wuwuwu.)

9. El Dorado

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

El Dorado  adalah sebuah legenda yang bermula dengan cerita tentang seorang ketua suku Amerika Selatan yang meliputi dirinya dengan debu emas.

Mitos bermula pada tahun 1530 di Andes (kini dikenali sebagai Kolombia), di mana conquistador Gonzalo Jiménez de Quesada menemui Muiska (1537), sebuah negara moden di Kundinamarka dan tanah tinggi Boyacá di Kolombia. Cerita tentang ritual-ritual Muiska adalah disebabkan Quito oleh Sebastian de Belalcazar; bercampur dengan desas-desus lain, timbul pula legenda El Dorado, Lelaki Keemasan— el indio dorado, orang India keemasan, dan el rey dorado, Raja Emas. Apabila difikirkan sebagai sebuah tempat, El Dorado menjadi sebuah negara terkenal raja keemasan.

Cerita asalnya boleh dijumpai dalam sejarah merewang, El Carnero, oleh Juan Rodriguez Freyle. Menurut Freyle, raja atau ketua sami Muiska dikatakan telah dilitupi dengan debu emas secara ritual dalam satu perayaan keagamaan yang diadakan di Tasik Guatavita, Bogotá.
(this one aku agak fening sikit, tapi memang cantiks gila kan that place.)

10. Atlantis

Misteri, Sepuluh, Kota, Kuno, Yang, Hilang

Atlantis  adalah pulau legendaris yang pertama kali disebut oleh Plato dalam buku Timaeus dan Critias
Dalam catatannya, Plato menulis bahwa Atlantis terhampar "di seberang pilar-pilar Herkules", dan memiliki angkatan laut yang menaklukkan Eropa Barat dan Afrika 9.000 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 9500 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis tenggelam ke dalam samudra "hanya dalam waktu satu hari satu malam".

Namun dalam kisahnya lokasi dari Atlantis tidaklah jelas dan sangat terbatas. Oleh karena itu ada sebagian orang mengatakan Atlantis adalah kota dongeng dan ada sebagian juga yang mengatakan Atlantis adalah salah satu misteri dunia yang sampai sekarang belum terpecahkan.

sekian, penat aku kopi and pasta.
source: Wikipedia, Tahupedia.com
mak aihhh, dah pukul berapa ni.
esok bizi yakmat.. cuti da nak abis uitss. sobs!
harap malam ni mimpi pegi salah satu kota kuno kat atas. haks.
eh petang tadi aku mimpi best gilerrrss.
mimpi bertarung macam cite komik jepun masa kecik-kecik dulu.
giler aku siap boleh terbang and lawan pedang.
oke termelalut.
till then, bubui!
^.^

2 comments:

Unknown said...

banyak tui lak nak baca kota pra sejarah tu,,, mmmmmm... hehe

Unknown said...

banyaknye nak baca... mmg mnjadi inspirasi gkla kt sy crite2 sjarah ni ,,hehe